Home

Selasa, 22 Februari 2011

Potensi dan Kendala Lahan Kering

Lahan kering merupakan sumberdaya alam yang mempunyai peluang besar untuk dimanfaatkan secara optimal, khususnya untuk pembangunan pertanian baik tanaman pangan, hortikultura, perkebunan maupun peternakan. Menurut data Puslit Tanah dan Agroklimat (1998) areal lahan kering di Indonesia cukup luas yaitu mencapai 52,5 juta ha yang tersebar di Pulau Jawa dan Bali (7,1 juta ha), Sumatera (14,8 ha), Kalimantan (7,4 juta ha), Sulawesi (5,1 juta ha), Maluku dan Nusa Tenggara (6,2 juta ha), dan Papua (11,8 juta ha).

Selanjutnya dikatakan bahwa sebagian besar lahan kering tersebar di daerah aliran sungai (DAS) bagian hulu yang bentuk wilayahnya berombak sampai berbukit dengan curah hujan antara rendah sampai tinggi. Pada daerah yang memiliki intensitas hujan yang tinggi dapat memacu terjadinya erosi dan berakibat menurunnya tingkat produktivitas lahan. Kendala lain yang dijumpai pada lahan kering adalah reaksi tanah masam, kesuburan tanah rendah, dan miskin bahan organik.

Sifat tanah pada lahan kering beriklim basah yang paling menonjol adalah tingkat produktivitasnya yang rendah, sedangkan lahan kering beriklim kering kendala yang paling menonjol adalah ketersediaan air yang terbatas karena curah hujan rendah dan panjangnya musim kemarau. Hal ini mengakibatkan terjadinya evapotranspirasi yang lebih besar dari pada curah hujan, sehingga dapat menimbulkan perubahan reaksi tanah (aciditas/alkalinitas dan atau salinitas) serta keseimbangan hara terganggu (Puslit Tanah dan Agroklimat, 2000).

Aktivitas budidaya komoditas pertanian pada lahan kering dataran tinggi dengan topografi berbukit sampai bergunung, terutama untuk tanaman perkebunan, tanaman pangan dan hortikultura/sayuran yang intensif, mengandung resiko yang sangat besar karena lahan demikian sangat peka terhadap gangguan atau perubahan dari luar seperti hujan yang menyebabkan erosi, longsor, dan banjir sehingga dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan lahan dan lingkungan sekitarnya.

0 komentar:

Posting Komentar